You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Sukoharjo II
Pekon Sukoharjo II

Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu, Provinsi Lampung

Pelatihan Bimbingan Teknis KPMD Tentang Laporan Scorecode dan E-HDW Pekon Sukoharjo II Tahun 2023

Administrator 30 Oktober 2023 Dibaca 142 Kali
Pelatihan Bimbingan Teknis KPMD Tentang Laporan Scorecode dan E-HDW Pekon Sukoharjo II Tahun 2023

Kamis, (26/10/2023). Kader Pembangunan Manusia (KPM) Pekon Sukoharjo II diberikan Pelatihan Bimbingan Teknis KPMD Tentang Laporan Scorecode dan E-HDW Tahun 2023 bertempat di Aula Pekon Sukoharjo II, Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu. Yang dihadiri oleh Kepala Pekon Sukoharjo II, Aparatur Pekon Sukoharjo II, Pendamping Desa, KPMD, PKK, dan Kader Posyandu.

 

Aplikasi yang akan digunakan adalah aplikasi E-HDW. Aplikasi E-HDW atau Human Development Worker merupakan aplikasi berbasis online yang diluncurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI untuk mempermudah tugas dan fungsi kader desa dalam memantau dan melaporkan status gizi masyarakat desa, sebagai upaya pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting).

 

Deni Amelia selaku Kaur TU Pekon Sukoharjo II membuka acara tersebut dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Pekon Sukoharjo II Bapak Sigit Puji Astowo beliau menyampaikan terimakasih kepada para hadirin yang sudah menghadiri acara pada hari ini, beliau juga berharap KPMD dan Kader Posyandu dapat bekerja dengan baik, semoga dengan adanya aplikasi E-HDW ini dapat mempermudah pekerjaan KPMD dan Kader posyandu. Setelah sambutan dari Kepala Pekon dilanjut pemaparan materi yang di sampaikan oleh Bapak Adi Saputra selaku Pendamping Desa yang menyampaikan mengenai Stunting, upaya pencegahan stunting di tingkat kalurahan perlu didukung system atau aplikasi yang cepat dan akurat. Adanya aplikasi E-HDW diharapkan dapat mempermudah pekon dalam menyajikan data akurat, agar upaya pencegahan stunting dapat berhasil. Namun tentunya upaya ini dapat berhasil jika didukung adanya kesungguhan dari para kader di tingkat kalurahan, untuk sungguh-sungguh menyajikan data yang valid dan akurat sesuai kondisi di lapangan. Sebab jika data diisi dengan asal-asalan tanpa krosek kebenarannya dilapangan, upaya pencegahan stunting ini akan sia-sia. Pemaparan Materi selanjutnya oleh Bapak Widi Purnomo selaku Pendamping Lokal Desa beliau menyampaikan terkait aplikasi yang akan digunakan yaitu E-HDW. E-HDW adalah salah satu syarat pencairan dan E-HDW hasilnya dapat dilihat secara public. Serta beliau menyampaikan mengenai stunting, seperti laporan stunting ada 3 kriteria yang pertama anak kurang gizi, yang kedua anak normal, dan yang ketiga anak stunting.

 

Pelatihan diakhiri dengan foto bersama Kepala Pekon Sukoharjo II, Aparatur Pekon Sukoharjo II, Pendamping Desa, KPMD, PKK, dan  Kader Posyandu. (Silva Cornela)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image