You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Sukoharjo II
Pekon Sukoharjo II

Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu, Provinsi Lampung

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pekon dan Pendampingan Hukum Terkait Penggunaan Dana Desa (DD) Oleh Kejaksaan Negeri Pringsewu Pekon Sukoharjo II Kec. Sukoharjo Tahun 2023

04 September 2023 Dibaca 52 Kali
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pekon dan Pendampingan Hukum Terkait Penggunaan Dana Desa (DD) Oleh Kejaksaan Negeri Pringsewu Pekon Sukoharjo II Kec. Sukoharjo Tahun 2023

01/09/2023, Pekon Sukoharjo II menjadi tempat pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pekon dan Pendampingan Hukum Terkait Penggunaan Dana Desa (DD) Oleh Kejaksaan Negeri Pringsewu Tahun 2023.  Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Kejaksaan Negeri Pringsewu yaitu Bapak Midian Hasiholan Rumahorbo, SH,.M.Kn, Bapak Jaksa Pengacara Negara yaitu Bapak Yan David Bonitua, SH., Kepala Pekon Sukoharjo II yaitu Bapak Sigit Puji Astowo diikuti jajaran Aparatur Pekon Sukoharjo II, dan Ketua RT 1-12.

Untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan Dana Desa, jajaran kejaksaan negeri di masing-masing kabupaten melakukan sosialisasi mengenai keberadaan Tim Pengamanan dan Pengawalan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Kegiatan sosialisasi, antara lain dilakukan Kejaksaan Negeri Pringsewu.

Dalam sosialisasi di Pekon Sukoharjo II, Bapak Midian Hasiholan Rumahorbo, SH., M.Kn menyampaikan “Agar masyarakat mengetahui tentang hukum yang bermanfaat untuk masyarakat. Apabila terdapat masalah hukum, disarankan masyarakat untuk datang ke kejaksaan untuk konsultasi hukum dan tidak dipungut biaya alias gratis. Namun apabila masyarakat keberatan untuk datang langsung ke kejaksaan, Masyarakat dapat melaporkan ke pekon, dan pekon akan menghubungi pihak kejaksaan.

Selain itu Bapak Midian Hasiholan Rumoharbo, SH., M.Kn. juga menyampaikan bahwa  “Dana Desa adalah uangnya masyarakat. Dana desa itupun penggunaannya dengan prinsip, ada 4 prinsip yaitu Prinsip Transparan, Prinsip Akuntabel, Prinsip melibatkan partisipasi public jika ada musyawarah desa seluruh masyarakat desa di undang, dan yang terakhir Prinsip Disiplin dan Tertib anggaran. Dengan 4 prinsip itu dapat diterapkan sehingga dalam pengelolaan dana desa dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu dalam penggunaan dana desa ada 5 titik rawan, yaitu Perencanaan, dipelaksanaan, Di SPJ, Monev, dan Dipengadaan barang jasa.”

Di akhir acara Bapak Midian Hasiholan Rumoharbo, SH., M.Kn. juga menyampaikan mengenai Penyaluran BLT DD, Prioritas penerima bantuan ini adalah warga Desa Pekon Sukoharjo II dalam kategori miskin dan belum pernah menerima bantuan sosial lainnya. Adapun bantuan yang diterima adalah sebesar Rp.300.000,00 dan akan diterima penerima KPM setiap bulan sampai akhir tahun 2023. BLT berubah nama menjadi “Bantuan Langsung Tunai Pengentasan Kemiskinan Ekstrem”. (Silva Cornela)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image