You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Sukoharjo II
Pekon Sukoharjo II

Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu, Provinsi Lampung

Kegiatan POSBINDU Rutin Pekon Sukoharjo II

Administrator 27 Januari 2020 Dibaca 442 Kali
Kegiatan POSBINDU Rutin Pekon Sukoharjo II

Pekon Sukoharjo II, 09 -09- 2019 di Pekon Sukoharjo II jadwal POSBINDU yang yang di hadiri dari petugas Dinas Kesehatan dan Ibu Lurah Sukoharjo sudah menjadi agenda rutin per bulan.

Posbindu berdasarkan pengertian dari kementrian kesehatan adalah : Kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, upaha kesehatan bersumber daya masyarakat, jadi jangan kaget nanti selain ada kader Posyandu di kampung juga akan ada kader posbindu, kader lansia, dan kader lainnya.

Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih mkepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM. Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit diabete, DM, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik

kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

elain pemeriksaan ada juga kegiatan seperti senam lansia, arisan, kumpul kumpul bersama sehingga bisa menjadi tempat refershing bagi mereka yang suntuk di rumah. Selain upaya kesehatan fisik mereka juga diajak untuk hidup sehat bersama yang lain dan satu sama lain saling memberikan dorongan untuk menjaga kesehatan masing masing.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image