You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Sukoharjo II
Pekon Sukoharjo II

Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu, Provinsi Lampung

PEMBAGIAN KARTU ATM BPNT PEKON SUKOHARJO II TAHUN 2020

Administrator 29 Juni 2020 Dibaca 443 Kali
PEMBAGIAN KARTU ATM BPNT PEKON SUKOHARJO II TAHUN 2020

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) setiap bulan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang digunakan hanya untuk membeli pangan di Elektronik Warung Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warung KUBE PKH) yang bekerjasama dengan Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, BTN).

Bantuan pangan ini diberikan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima bantuan dan memberikan nutrisi yang lebih seimbang secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Keputusan penyaluran bantuan sosial secara nontunai dengan menggunakan sistem perbankan dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas program dan agar penyalurannya lebih tepat sasaran, di samping untuk mendorong keuangan insklusif di kalangan masyarakat.

Penyaluran bantuan pangan secara nontunai lewat BPNT mengacu pada empat prinsip umum, yaitu:

  1. Mudah dijangkau dan digunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
  2. Memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada penerima dalam memanfaatkan bantuan, kapan dan berapa banyak bahan pangan yang dibutuhkan. Juga termasuk kebebasan memilih jenis dan kualitas bahan pangan berdasarkan preferensi yang telah ditetapkan dalam program ini.
  3. Mendorong usaha eceran rakyat agar dapat melayani penerima bansos.
  4. Memberikan akses jasa keuangan kepada KPM.

Lewat program ini, setidaknya ada lima manfaat yang didapat, yaitu:

  1. Meningkatnya ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.
  2. Meningkatnya transaksi nontunai sesuai dengan target Gerakan Nasional Non Tunai (GNNI) yang digagas Bank Indonesia.
  3. Meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi yang sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).
  4. Meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial.
  5. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

(https://www.nontunai.com/mengenal-lebih-dekat-program-bantuan-pangan-non-tunai-bpnt/)

Pekon Sukoharjo II telah membagikan 143 Kartu KKS kepada masyarakat pada hari Senin 29 Juni 2020 yang langsung dibagikan oleh TKSK Kecamatan Sukoharjo dan Pihak Bank BRI. 

 

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image